Metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Majelis Taklim Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan

Ilmi, Ziadatul (2018) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Majelis Taklim Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

LDII merupakanormas Islam yang tergolongminoritas, sehinggamenurutpenelitihaltersebutsangatmenarik.Jamaah LDII selaluterlihatsemangatsetiap kali adarutinitaspengajian di majelistaklimnya, baikdarikaummudasampaikaumtua.Semuanyaterlihatbegituantusiasuntukselalumengikutikegiatan di majelistaklimnya.Hal yang lebihmenariknyalagisehinggamembuatpenelitipenasaranadalahketikapenelitimelihatmetodepembelajarannya yang berbedadenganlainnya, dalammenyimakmateri yang disampaikanolehmubalighmerekaterlihatfokusmendengardanmengamatiapa yang disampaikangurunyahalituterkaitmetodepembelajaran yang dipakaidalammajelistersebut.. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di majelis taklim Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran pendidikan agama Islam di majelis taklim LDII Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan serta faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran pendidikan agama Islam di majelis taklim Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Metodepenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianlapangan(field research).Teknikpengumpulan datamenggunakanwawancara, observasidandokumentasi.Teknikanalisis data yaitumenggunakanpendekatandeskriptifdenganpolainduktifyaitudarifakta yang adakemudianditarikkesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: metode pembelajaran pendidikan agama Islam di majelis taklim LDII Desa tunjungsari adalah metode bandongan dan ceramah. Metodeceramahdigunakanolehmubalighuntukmenjelaskanmaknaayat Al-Qur’an ataukitab yang sedangdiajarkanmelaluimetodebandongan,sehinggametodeceramahdenganmetodebandongansalingmelengkapi.Faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran pendidikan agama Islam di majelis taklim LDII Desa Tunjungsari meliputi: Faktor pendukung, terdiri dari 1. faktor Internal yang terbagi menjadi dua:a) Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi: motivasi mubaligh dalam mengamalkan ilmu dan motivasi jamaah dalam mencari ilmu. b) Kerjasama yang baik antara pengurus, mubaligh dan jamaah dalam setiap kegiatan. c) Materi yang mendukung sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari. 2. Faktoreksternal, meliputi: a) PendistribusianMubalighdariPondokPesantren LDII sebagaiwadahpraktik pengamalanilmukepadamasyarakat., b) adanyakaderisasimubalighyang terstruktur. Faktor penghambat, terdiri dari faktor internal: a) Jamaah yang heterogen, b) latarBelakangSosialMubaligh, c) pandanganterhadapIlmu yang manquldand)tidakadanyaevaluasidalampembelajaran. Faktoreksternalmeliputi:a) saranadanprasaranakurangmemadaidanb) adanyahambataninsidental.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode PembelajarandanFaktor pendukung & penghambat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370.6 Organization of Education/Organisasi di Bidang Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:09
Last Modified: 18 Aug 2022 02:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item