Pengaruh implementasi peraturan sekolah Terhadap kedisiplinan siswa dI SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan

Fatkhurrohma, Fatkhurrohma (2017) Pengaruh implementasi peraturan sekolah Terhadap kedisiplinan siswa dI SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Peraturan atau tata tertib di sekolah merupakan hal yang penting dalam menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa siswa yang tidak melaksanakan peraturan di sekolah maka kedisiplinan di luar pun rendah atau menurun. Mengingat peraturan merupakan hal yang sangat penting dalam segala kegiatan, sehingga dapat dikatakan bahwa penegakkan peraturan di sekolah merupakan alat yang penting atau pendorong dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa. Disinilah semua guru di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan berusaha memberikan contoh dan dorongan dalam melaksanakan peraturan sekolah guna meningkatkan kedisiplinan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi peraturan di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan? Bagaimana pengaruh implementasi peraturan sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan? Jenispenelitianiniadalahstudilapangan (field research).Sedangkanpendekatan yang digunakanadalahpendekatankuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada, akan digunakan analisis data kuantitatif dengan rumus statistik product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi peraturan di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik, karena nilai rata-rata hasil angket tentang implementasi peraturan di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan atau variabel X sebesar 146 berada di interval 145 – 146 termasuk dalam kategori baik. Kedua, Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik, karena nilai rata-rata hasil angket tentang kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan atau variabel Y sebesar 143 berada di interval 143 termasuk dalam kategori baik. Ketiga, Implementasi peraturan sekolah memiliki pengaruh yang kuat terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan. Dari hasil perhitungan didapat nilai rxy = 0,724 terletak pada interval 0,71 – 0,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dipengaruhkan terdapat pengaruh yang kuat. Pada tingkat kesalahan 5 % didapatkan nilai = 0,279 sedangkan rxy = 0,724, berartirxy> , sedangkan pada tingkat kesalahan1 % didapatkan nilai = 0,361 sedangkan rxy = 0,724, berartirxy> , maka ditolak, diterima.Jadi pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 % dapat disimpulkan hasil yang sama yakni implementasi peraturan sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya, artinya bahwa semakin baik implementasi peraturan sekolah maka semakin baik pula kedisiplinan siswa di SMP Negeri 01 Doro Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Peraturan Sekolah, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School/Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:35
Last Modified: 18 Aug 2022 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item