Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kepercayaan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus Di Rumah Sakit Islam PKU Muhmmadiyah Pekajangan Pekalongan)

Fitriyani, Sela (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kepercayaan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus Di Rumah Sakit Islam PKU Muhmmadiyah Pekajangan Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Rumah sakit adalah perusahaan jasa yang menawarkan pelayanan dalam bidang kesehatan. Rumah sakit yang awalnya adalah lembaga yang berfungsi sosial, akan tetapi seiring berjalannya waktu karena semakin banyak rumah sakit swasta menjadikan rumah sakit lebih mengacu sebagai industri yang bergerak dalam pelayanan kesehatan dengan melakukan pengelolaan yang berdasar pada manajemen badan usaha. Masalah kesehatan merupakan hal penting yang ada dikehidupan masyarakat, hal tersebut membuat penyedia layanan jasa seperti rumah sakit semakin gencar pula dalam meningkatkan kualitas pelayanan demi memenuhi kepuasan pasien. Faktor lain yang juga menunjang kepuasan pasien adalah kepercayaan dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan islami, kepercayaan dan fasilitas terhadap kepuasa pasien rawat inap di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling dan menggunakan 97 responden. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel yaitu Kualitas Pelayaanan Islami (X1), Kepercayaan (X2), Fasilitas (X3) dan Kepuasan Pasien (Y). Uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasiknya. Hasil penelitan menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (parsial) variabel Kualitas Pelayanan Islami (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien, hal ini ditunjukkan dari t hitung sebesar 6,182 > t tabel 1,98525 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk variabel Kepercayaan (X2) tidak berpengaruh secara signifikan, hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung 0,903 < t tabel 1,98525 dengan signifikansi 0,369 > 0,05. Variabel Fasilitas (X3) juga tidak berpengaruh secara signifikan, hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung 1,019 < 1,98525 dengan signifikansi 0,311. Akan tetapi variabel Kualitas Pelayanan Islami, Kepercayaan dan Fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,306 atau 30,6%, sedangkan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam variabel independen dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Islami, Kepercayaan Dan Fasilitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:08
Last Modified: 18 Aug 2022 03:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item