Strategi Pemasaran Pedagang Buah di Pasar Batang dalam Perspektif Bisnis Islam

Hidayat, Syaiful (2020) Strategi Pemasaran Pedagang Buah di Pasar Batang dalam Perspektif Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pedagang buah menerapkan Strategi Pemasaran bisnis Islam dan untuk mengetahui strategi pemasaran buah di Pasar Batang ditinjau dalam perspektif bisnis Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang bisnis Islam dan penerapan strategi pemasaran di Pasar Batang sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya. Hasil penelitian ini adalah usaha pedagang buah di pasar batang dalam menjalankan usahanya yaitu: 1. Menerapkan Strategi Pemasaran bisnis Islam, pedagang buah dipasar batang ada yang tidak sesuai dengan bisnis islam dan ada pula yang sudah sesuai dengan bisnis islam. Untuk yang sesuai dengan bisnis islam diantaranya strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat dan pelayanan, Untuk yang tidak sesuai yaitu dengan menggelar lapak dagang melebihi dari ukuran tempat yang sudah ditentukan oleh dinas terkait (memakan jalan pengguna pasar) 2. Strategi pedagang buah di pasar batang dalam menjalankan usahanya Dalam strategi pemasaran dapat dipergunakan rumus SWOT yang terdiri dari (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat). Serta strategi yang belom sesuai adalah adanya pencampuran barang yang berkualitas baik dengan yang berkualitas biasa tanpa bersikap jujur menerangkan perihal atau kondisi barang dagangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:39
Last Modified: 28 Jul 2021 06:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item