Penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di asrama putri panti asuhan Ar-Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan.

Fiani, Heny (2018) Penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di asrama putri panti asuhan Ar-Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Bimbingan kelompok merupakan suatu pendekan dalam pembentukan karakter anak, dimana dalam bimbingan ini anak dapat mengangkat permasalahan yang dihadapi, baik disekolah maupun dalam masyarakat untuk diselesaikan secara bersama dengan kawan dengan pengarahan dari pembimbing sehingga anak dapat mengenalkan diri, bersikap sopan santun, menghormati orang lain dan dapat mengoptimalisasi diri berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1.Bagaimana Karakter Anak Asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al- Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? 2.Bagaimana Penerapan Bimbingan Kelompok dalam pembentukan Karakter Anak Asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? 3.Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar- Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data diperoleh dari pengasuh, pembimbing, subjeknya adalah anak- anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar-Robithoh Al- Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Karakter anak di panti asuhan berbeda-beda, hal ini di buktikan dari latarbelakang keluarga yang berbeda. Penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar-robithoh Kota Pekalongan, sangat efektif hal tersebut bisa dibuktikan dari metode serta kegiatan yang diterapkan oleh para pembimbing dan pengasuh, metodenya antara lain pembiasaan, yaitu membiasakan anak-anak berpikir positif dan melakukan kegiatan yang positif, metode ceramah, metode hiwar atau percakapan, metode keteladanan. Sedangkan materinya berupa akhlak, fiqih, tajwid, serta keterampilan menjahit, merajut dan tataboga yang diberikan oleh pihak panti asuhan. Pelaksanaan bimbingan dilakukan setiap hari selama 4 jam, di aula panti asuhan meliputi mengaji bersama, belajar bersama serta kegiatan yang telah terjadwal yang menjadikan anak- anak menjadi disiplin. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu :lingkungan yang kondusif, keteladan dan tegasan dari para pembimbing dan pengasuh panti asuhan, sekolah dan sistem yang jelas. Dan faktor yang menghambat yaitu : kesadaran dari anak- anak yang kurang, keaktifan anak- anak dalam kegiatan bimbingan, serta pengawasan yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok dan Pembentukan Karakter
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:09
Last Modified: 18 Aug 2022 03:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item