Fiani, Heny (2018) Penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di asrama putri panti asuhan Ar-Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Bimbingan kelompok merupakan suatu pendekan dalam pembentukan karakter anak, dimana dalam bimbingan ini anak dapat mengangkat permasalahan yang dihadapi, baik disekolah maupun dalam masyarakat untuk diselesaikan secara bersama dengan kawan dengan pengarahan dari pembimbing sehingga anak dapat mengenalkan diri, bersikap sopan santun, menghormati orang lain dan dapat mengoptimalisasi diri berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1.Bagaimana Karakter Anak Asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al- Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? 2.Bagaimana Penerapan Bimbingan Kelompok dalam pembentukan Karakter Anak Asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? 3.Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar- Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data diperoleh dari pengasuh, pembimbing, subjeknya adalah anak- anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar-Robithoh Al- Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Karakter anak di panti asuhan berbeda-beda, hal ini di buktikan dari latarbelakang keluarga yang berbeda. Penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar-robithoh Kota Pekalongan, sangat efektif hal tersebut bisa dibuktikan dari metode serta kegiatan yang diterapkan oleh para pembimbing dan pengasuh, metodenya antara lain pembiasaan, yaitu membiasakan anak-anak berpikir positif dan melakukan kegiatan yang positif, metode ceramah, metode hiwar atau percakapan, metode keteladanan. Sedangkan materinya berupa akhlak, fiqih, tajwid, serta keterampilan menjahit, merajut dan tataboga yang diberikan oleh pihak panti asuhan. Pelaksanaan bimbingan dilakukan setiap hari selama 4 jam, di aula panti asuhan meliputi mengaji bersama, belajar bersama serta kegiatan yang telah terjadwal yang menjadikan anak- anak menjadi disiplin. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu :lingkungan yang kondusif, keteladan dan tegasan dari para pembimbing dan pengasuh panti asuhan, sekolah dan sistem yang jelas. Dan faktor yang menghambat yaitu : kesadaran dari anak- anak yang kurang, keaktifan anak- anak dalam kegiatan bimbingan, serta pengawasan yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok dan Pembentukan Karakter | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:09 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
View Item |