Upaya guru dalam mengatasi perilaku bullying di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 01 Kauman Kota Pekalongan.

Safitri, Dwi Tiara (2017) Upaya guru dalam mengatasi perilaku bullying di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 01 Kauman Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok secara terus menerus dan bersifat menyakiti. Bullying dapat terjadi dimana saja khususnya di lingkungan sekolah. Terbentuknya perilaku bullying karena adanya pelanggaran di sekolah yang disertai dengan penghukuman secara fisik, buruknya sistem pendidikan yang hanya mengandalkan kemampuan aspek kognitif saja. Maka lingkungan sekolah yang damai dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying pada siswa di MSI 01 Kauman? 2) Bagaimana faktor penyebab terbentuknya perilaku bullying di MSI 01 Kauman? 3) Bagaimana upaya kepala sekolah dan guru dalam mengatasi perilaku bullying di MSI 01 Kauman?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi, mengetahui faktor penyebab terbentuknya perilaku bullying, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam mengatasi perilaku bullying di MSI 01 Kauman. Adapun kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi para pendidik dan orang tua dalam mengatasi perilaku bullying sehingga lebih mengoptimalkan dalam proses perkembangan afektif siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi di MSI 01 Kauman yaitu bentuk fisik seperti memukul, menjegal, menonjok dan menyenggol, bentuk verbal seperti mengejek, berkata kasar dan bentuk psikis seperti mengancam. 2) Terbentuknya perilaku bullying di MSI 01 Kauman disebabkan karena sifat temperamental anak itu sendiri, latar belakang keluarga yang sibuk dan kurang perhatian, tayangan televisi, jam pembelajaran kosong dan senioritas. 3) Upaya kepala sekolah dan guru dalam mengatasi perilaku bullying di MSI 01 Kauman adalah memanggil siswa yang bersangkutan, memasukkan dalam catatan buku BK, siswa yang memiliki permasalahan dipanggil satu-satu, mencari tahu masalah yang terjadi, mengklarifikasi terlebih dahulu permasalahannya, kedua pihak didamaikan, dibuat kesepakatan dengan membuat surat pernyataan, apabila masih belum bisa terselesaikan maka panggilan orang tua atau dialih tangan ke kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Perilaku Bullying
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:24
Last Modified: 18 Aug 2022 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item