Diana, Ulfa (2017) Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an dalam membentuk generasi Qur’ani di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto (MASS Proto) Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto (MASS Proto) ini adalah suatu program yang dibentuk pada tahun 2015 yang mempunyai tujuan membentuk madrasah Qur’ani yang berprestasi sesuai visi MA Salafiyah Syafi’iyah Proto yaitu “Mewujudkan Madrasah Qur’ani berprestasi, santun dan peduli lingkungan”. Tidak cuma seuah pembelajaran atau hafalan ayat-ayat suci Al-Qur’an di sekolah, pembelajaran Tahfidzul Qur’an ini juga membentuk suatu program yang memuat suatu kegiatan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dinamakan dengan kegiatan Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL). Selain itu, kekhasan pembelajaran tahfidz di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto ini dijadikan program unggulan. Adanya pembelajaran tahfidz ini sebagai langkah aawal dalam membentuk generasi Qur’ani di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Berdasarkan latar elakang terseut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam membentuk generasi Qur’ani di MA Salafiyah Proto Kedungwuni Pekalongan, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam membentuk generasi Qur’ani di MA Salafiyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam membentuk generasi Qur’ani di MA Salafiyah Proto Kedungwuni Pekalongan dan untuk mengetahui faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam membentuk generasi Qur’ani di MA Salafiyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran terkait pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an, diharapkan dapat menambah wacana dan wawasan serta khasanah keilmuan bagi dunia pendidikan, dan diharapkan dapat bermanfaat sebagai tambahan informasi untuk memperluas wawasan guna memikirkan masa depan anak sebagai generasi Qur'ani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field reseach). Subyek dalam penelitian ini, meliputi: kepala sekolah, pembimbing/guru tahfidz, dan peserta didik. Teknik pengumpulan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Membentuk Generasi Qur’ani | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:25 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2168 |
Actions (login required)
View Item |