Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus BPJS Kesehatan Pekalongan

Fitri, Kisma Novia (2019) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus BPJS Kesehatan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan simultan. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta mandiri BPJS Kesehatan Pekalongan periode 2014 – 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling , yaitu pengambilan sampel yang memberikan peluang sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang dihasilkan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 99,837 yang dibulatkan menjadi 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada peserta mandiri BPJS Kesehatan Pekalongan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien regresi 0,293 dan thitung 4,457 > ttabel 1,661. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien regresi 0,137 dan thitung 5,003 > ttabel 1,661. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien determinasi (R2) 0,323. Hal ini berarti 32,3% kepuasan nasabah (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas kesehatan (X2). Sedangkan sisanya 67,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Kesehatan, Kepuasan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:15
Last Modified: 05 Aug 2021 06:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item