Analisis bauran pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan produk kemasan aqiqah (studi kasus Aqiqah Plus Pekalongan)

Sofiati, Sofiati (2019) Analisis bauran pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan produk kemasan aqiqah (studi kasus Aqiqah Plus Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dewasa ini kemajuan tekonologi yang pesat membuat banyak dampak pada kehidupan masyarakat. Salah satunya pada bidang bisnis aqiqah. Bisnis aqiqah merupakan salah satu bisnis yang berkembang di kota Pekalongan, dengan adanya bisnis ini masyarakat dimudahkan untuk melaksanakan aqiqah agar lebih cepat, efisien dan memenuhi syari’at Islam tanpa harus bersusah payah membuatnya. Penggunaan konsep pemasaran yang baik dapat menyebabkan berhasilnya bisnis yang dilakukan perusahaan, yaitu hasil produksi dapat diterima dengan baik oleh konsumen sehingga hasil penjualan produk perusahaan dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui kendala-kendala bauran pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan.Variabel bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yaitu sumber data primer dan data sekunder,sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran islami yang dilakukan Aqiqah Plus Pekalongan yaitu mengenai produk, harga, tempat dan promosi. Strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh Aqiqah Plus Pekalongan yaitu Produk yang di jual oleh Aqiqah Plus bermacam-macam dan mempunyai banyak pilihan. Penetapan harga di Aqiqah Plus Pekalongan adalah dengan perhitungan biaya produksi dan keuntungan yang diperoleh, serta melihat harga pasaran yang berlaku. Lokasi merupakan hal utama dalam mendirikan toko, terletak Jl.Tembus Pasar Grogolan Baru No.02 Kebulen. Promosi yang dilakukan oleh Aqiqah Plus Pekalongan adalah menggunakan media sosial dan media cetak. Bentuk kemasan (Packaging) yang dilakukan oleh Aqiqah Plus Pekalongan ada dua jenis kemasan yaitu kemasan reguler dengan ukuran 22x22 cm dan kemasan exclusive dengan ukuran 22x30 cm

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi’i, M. ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islami, Produk, Peningkatan Penjualan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:02
Last Modified: 08 Feb 2023 07:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item