Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Suryani, Siti (2018) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya. Untuk meningkatkan kepuasan pasiennya khususnya pasien BPJS Kesehatan pihak rumah sakit, peranan dokter, perawat maupun karyawan rumah sakit sangat menentukan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden pasien rawat jalan yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode purposive sampling. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji t (parsial), uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R-squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) secara parsial, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dibuktikan dengan ttabel 1,984 < thitung 9,144 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Secara parsial, variabel fasilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dibuktikan dengan ttabel 1,984 > thitung 1,510 dan signifikansi 0,134 > 0,05. (3) Secara simultan, variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dibuktikan dengan melalui uji F diperoleh Ftabel 3,09 < Fhitung 116,675. Kemudian koefisien determinasi sebesar 0,700 yang menunjukkan bahwa 70,0% variabel kepuasan pasien dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan fasilitas, sedangkan sisanya sebesar 30,0% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:48
Last Modified: 18 Aug 2022 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item