Pengaruh label halal, atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk shampo khusus hijab (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan)

Utami, Putri Dewi (2019) Pengaruh label halal, atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk shampo khusus hijab (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perkembangan modern ini pembelian produk kosmetik bukan lagi untuk memenuhi keinginan saja, melainkan karena kosmetika adalah kebutuhan pada saat ini. Permintaan akan produk perawatan kesehatan yang terjamin kehalalannya terus meningkat waktu ke waktu. Meningkatnya permintaan ini seiring dengan peningkatan kesadaran keagamaan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebelum membeli dan mempergunakan produk konsumsi, tentu mempertanyakan status kehalalan produk, kualitas produk dan harga produk yang akan digunakan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sampel yang diambil menggunakan non probability sampling. Teknik non probability sampling dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan ketentuan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan pernah atau sedang menggunakan produk shampo khusus hijab. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), koefisien determinasi dan independent sample test (uji beda tidak berhubungan). Hasil penelitian menunjukkan variabel Label Halal (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,444 >1,985 atau signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel Atribut Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,404 >1,985 atau signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel Harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,070 >1,985 atau 0,003 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 19,623>2,70 dan nilai signifikansi 0,00 <0,05 hal ini berarti variabel Label Halal, Atribut Produk dan Harga secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk shampo khusus hijab. Adjusted R Square sebesar 0,368 hal ini berarti 36,8% keputusan pembelian (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu label halal, atribut produk dan harga sisanya 63,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Atribut Produk, Harga, Keputusan Pembelian.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:02
Last Modified: 18 Aug 2022 07:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item