Fahmi, Nasyrul (2019) Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Tadarus Al-Qur’an Pagi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL EKS.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan Membaca dipengaruhi oleh faktor fisik, faktor sosial, dan faktor psikologis. Dalam penelitian ini yang diduga mempengaruhi kemampuan membaca adalah kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus al-qur’an pagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi di MTs NU Tirto Pekalongan, kedua, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan, ketiga, Adakah pengaruh kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalahntuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi di MTs NU Tirto Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan, untuk mengetahui Adakah pengaruh kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Adapun kegunaan yang diharapkan dari pembahasan penelitian ini untuk memberikan pengetahuan dan wacana tentang pengaruh kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus al-qur’an pagi terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan.Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik dengan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Kedisiplinan Siswa mts NU Tirto Pekalongan dalam kategori cukup tinggi dengan hasil rata-rata 66, kedua, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siwa mts NU Tirto Pekalongan dalam kategori cukup tinggi, dengan hasil rata-rata 31, ketiga, Hasil analisis pengaruh kedisiplinan siswa terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan kemampuan membaca al-qur’an siwa, dimana dimana T test = 0,181 pada tingkat signifikasi 5% nilai ttabel = 2,000 maka ttest = 0,181< ttabel 2,000 sehingga Ho diterima, Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan bahwa kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus al-qur’an pagi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan tidak dapat diterima kebenarannya.
Actions (login required)
View Item |