Riskiyati, Yayuk (2019) Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Berbasis Ramah Anak ( Studi Penelitian di SMP Negeri 03 Pekalongan )”. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Karakter dapat dimaknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan yang membedakannya dengan orang lain serta diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Melihat realitas sekarang banyak terjadi kenakalan-kenakalan pelajar menyebabkan guru harus bekerja ekstra dalam berupaya membentuk karakter siswanya, terlebih seorang guru PAI yang bertugas mengajarkan nilai-nilai keislaman agar para siswa memiliki karakter yang baik. Namun hal yang sangat disayangkan, dalam beberapa waktu terakhir sekolah yang semestinya menjadi tempat bagi siswa untuk mendapatkan ilmu dan wawasan serta pendidikan karakter justru ternodai dengan adanya beberapa kasus kekerasan terhdap siswa yang terjadi pada anak, baik itu kekerasan fisik, verbal, ataupun seksual. Dalam hal ini yang menjadi pelaku adalah orang-orang terdekat siswa yaitu, guru, teman sebabaya maupun anggota sekolah lainnya. Seiring dengan permasalahan yang muncul, pemerintah membuat program Sekolah Ramah Anak, yang bertujuan mengembalikan sekolah kepada fungsi semula yaitu tempat para siswa memperoleh ilmu dan pendidikan karakter. Karakter adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bangsa dan siswa adalah generasi bangsa yang perlu kita selamatkan agar generasi bangsa ini akan menjadi generasi yang berkarakter. Rumusan masalah penlitian ini adalah yang pertama bagaimana implementasi Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 03 Pekalongan, kedua bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk karakter siswa di sekolah berbasis ramah anak di SMP Negeri 03 Pekalongan, dan yang ketiga apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam membentuk karakter siswa di sekolah berbasis Ramah Anak di SMP Negeri 03 Pekalongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian lapangan dengan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 03 Pekalongan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pertama, program Sekolah Ramah Anak di SMP Ngeri 03 Pekalongan telah dilaksanakan dengan cukup baik, dari enam indikator Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 03 Pekalongan telah memenuhi lima diantara enam indikator tersebut. Kedua, guru PAI di SMP Negeri 03 Pekalongan telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk karakter siswa, yaitu dengan pembiasaan doa, tadarus, sholat dhuha dan duhur berjamaah, berbaris dan berjabat tangan sebelum memasuki kelas, kegiatan literasi, kegiatan peduli sosial, mengadakan kebersihan lingkungan, mengunjungi teman yang terkena musibah, berdikusi, pemberian nasehat-nasehat, pemberian contoh yang baik kepada siswa, pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dari upaya-upaya yang dilakukan adalah kerjasama dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat upaya pembentukan karakter adalah arus globalisasi dan kemudahan memperoleh informasi melalui internet yang kurang bermanfaat dan mempengaruhi karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru PAI, Karakter, Sekolah Ramah Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2021 04:32 | ||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2021 04:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2263 |
Actions (login required)
View Item |