Implementasi sistem layanan nasabah prioritas pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekalongan dalam perspektif ekonomi islam

Meisandri, Viani Nenzi (2019) Implementasi sistem layanan nasabah prioritas pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekalongan dalam perspektif ekonomi islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Ada tiga tujuan penulisan skripsi ini diantaranya (1) Menganalisis konsep layanan implementasi nasabah prioritas pada PT. Bank BNIS Kantor Cabang Pekalongan. (2) Menganalisis implementasi sistem layanan nasabah prioritas pada PT.Bank BNIS Kantor Cabang pekalongan.(3)Menganalisis persepsi implementasi sistem layanan nasabah prioritas pada PT. Bank BNIS Kantor Cabang Pekalongan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian (field research) dengan pendekatan kualitif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan pihak bank maupun nasabah prioritas. Data terkumpul dianalisis secara induktif untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di bab-bab sebelumnya penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut. (1) konsep sistem layanan nasabah prioritas di Bank BNIS Kantor Cabang Pekalongan mengacu pada kebijakan pusat juga mengacu pada kearifan lokal. Disamping itu juga mengacu pada nilai keislaman, yang dirumuskan dalam Islamic Priority Banking dan mengacu pada peraturan BI. (2) Implementasi LNP di PT. Bank BNIS mengacu pada (SOP),menentukan kriteria calon nasabah prioritas, memberikan layanan prima menyediakan tempat Executive Launge dan layanan prioritas yang berbeda dengan nasabah umum.(3) Persepsi nasabah prioritas tentang layanan prioritas cukup beragam yaitu: pada aspek layanan masih kurang memuaskan karena masih terbatasnya SDM , jumlah cabang terbatas dan sedikit bagi hasil, Pada aspek jaringan offline belum memuaskan karena seringkali terjadi kendala teknis,pada aspek infrastruktur misalnya Bank BNIS tidak memiliki kantor Priority Banking seperti BNIS Emerald, jumlah cabang Bank BNIS masih terbatas. Sedangkan keunggulannya banyak fasilitas yang di dapat seperti fasilitas mendapatkan special birtday gift, pelayanan yang ramah serta diistimewakan,segera mengatasi keluhan nasabah dilayani cepat, fasilitas lebih, layanan antrian prioritas dengan menunjukkan kartu Zamrud Card dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan,dan perlindungan asuransi. Dalam perspektif islam, pada hakikatnya manusia sama derajatnya tidak ada perbedaan oleh jabatan, kekayaan serta pangkat yang membedakan tingkat ketaqwaannya kepada Allah. Ekonomi islam dalam pelayanan ektra mereka yang sudah memberikan kontribusi lebih untuk perusahaan atau disebut BNIS Prioritas diperbolehkan selagi tidak merugikan pihak lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nasabah Prioritas, BNI Syariah, Bank Syariah dan Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:49
Last Modified: 09 Aug 2021 06:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item