Perilaku Pedagang Kaki Lima di Lingkungan Kampus IAIN Pekalongan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Rofi’udin, Mohammad (2019) Perilaku Pedagang Kaki Lima di Lingkungan Kampus IAIN Pekalongan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Banyaknya pendatang yang menjadi pedagang kaki lima di lingkungan kampus IAIN Pekalongan, menimbulkan berbagai karakter, pola fikir, dan perilaku. Banyaknya pendatang juga mempengaruhi tingkat persaingan antar pedagang. Sehingga adanya perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam. Misalnya saja ada pedagang yang menjual barang dagangan sisa kemarin, dijual kembali pada esok harinya dengan cara mensortir makanan tersebut dengan yang baru sehingga hal tersebut merugikan konsumen yang membeli. Bahkan seringkali ada pedagang kaki lima yang tidak menerapkan etika bisnis dengan baik, salah satunya menjual produk yang sudah kadaluarsa yang dapat menimbulkan kerugian pada konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku pedagang menurut perspektif etika bisnis Islam di lingkungan kampus IAIN Pekalongan? Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang di lingkungan kampus IAIN Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Ditinjau dari sudut pandang etika bisnis Islam, perilaku pedagang kaki lima di lingkungan kampus IAIN Pekalongan sudah memenuhi beberapa kategori yang diklasifikasikan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan Prinsip Tauhid (Unity), Prinsip Adil (Keseimbangan/Equilibrium), Prinsip Berkehendak Bebas (Free Will), Prinsip Tanggung Jawab (Responsibility), dan Prinsip Ihsan (Benevolence), meskipun dalam realitanya hanya sebagian kecil saja pedagang yang mampu menerapkan kelima prinsip tersebut. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain : faktor budaya, faktor sosial, faktor individu, dan faktor tingkah laku atau sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pedagang Kaki Lima, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:00
Last Modified: 19 Aug 2022 02:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item