Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Ragil, Mugi (2019) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Masalah kreativitas seorang guru adalah hal yang krusial dalam proses pembelajaran. Sehingga masalah ini bagi penulis merupakan hal yang menarik untuk dikaji dalam penelitian skripsi. Meskipun SD NegeriWonobodro 01 ini sudah mempunya seperangkat pembelajaran yang cukup memadai, apakah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar hanya memanfaatkan media yang ada atau mempunyai inovasi dalam pembelajarannya atau tidak. Melihat fakta tersebut peneliti berasumsi bahwa para guru yang ada dapat mengembangkan media, metode dan juga pengelolaan kelas yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SD NegeriWonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang?Apa saja factor pendukung dan penghambat kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedang kanpendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada, akan digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang diwujdkan melalui program pendidikan karakter bidang lingkungan yang dilakukan di SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang, antara lain: Salam “LISA”, kegiatan amal qurban dan amal jum’at, kegiatan ibadah shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, kegiatan pengumpulan dana sosial, dan kegiatan pembacaan asmaul husna. Kedua, Faktor pendukung kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang, antara lain: Faktor internal yakni semangat dan kemauan guru, faktor eksternal yakni adanya dukungan dari kepala sekolah dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain: faktor internal yakni: pemahaman atau kecerdasan siswa yang berbeda-beda, faktor eksternal yakni kurangnya peralatan ibadah shalat di musholla sekolah dan terdapat beberapa siswa yang masih memiliki perilaku nakal sehingga mempengaruhi siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:17
Last Modified: 19 Aug 2022 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item