Upaya peningkatan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Klidang Lor 02 Batang melalui metode belajar kelompok tahun pelajaran 2011/2012

Chadiroh, Chadiroh (2012) Upaya peningkatan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Klidang Lor 02 Batang melalui metode belajar kelompok tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (10MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Adapun rumusan masalah adalah : Bagaimana penerapan metode belajar kelompok di SDN Klidang Lor 02 Batang. Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SDN Klidang Lor Batang. Bagaimana efektivitas metode belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Klidang Lor Batang. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode belajar kelompok di SDN Klidang Lor 02 Batang. Untuk mengetahui bagaimana prestasi siswa di SDN Klidang Lor 02 Batang. Untuk mengetahui efektivitas metode belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Klidang Lor 02 Batang. Pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang bertujuan untuk melakukan tindakan perbaikan, terutama ditujukan pada kegiatan pembelajaran atau proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode eksperimen, dokumentasi, dan teknis tes. Sumber data yaitu sumber data primer dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis pendahuluan dan lanjutan, yaitu menganalisis data-data hasil siklus I dan II yang kemudian dibuat persentase kenaikan yang terjadi dan selanjutnya diambil sebuah kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa pelaksanaan PTK yang dilakukan dengan metode pembelajaran kelompok berjalan dengan baik. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan hasil prestasi siswa dalam siklus I dan II. Hasil prestasi siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu hanya mendapat nilai rata-rata 66,88 dengan presentase ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan yaitu siklus I maka nilai rata-rata hasil prestasi belajar menjadi 73,44 dengan persentase ketuntasan 65,63%. Pada tahap akhir yaitu siklus II terjadi kenaikan dengan hasil prestasi siswa menunjukkan nilai rata-rata 80,31 dengan persentase ketuntasan 87,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWamugi, WamugiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peningkatan, prestasi belajar, belajar kelompok
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:16
Last Modified: 28 Dec 2021 06:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item View Item