Pengaruh metode bercerita dalam mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftahurrohmah desa Cepagan kecamatan Warungasem kabupaten Batang

Khomidah, Khomidah (2012) Pengaruh metode bercerita dalam mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftahurrohmah desa Cepagan kecamatan Warungasem kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (13MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Adapun rumusan masalah adalah bagaimana penggunaan metode cerita dalam mata pelajaran Tarih di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah?, bagaimana motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah?, bagaimana pengaruh metode cerita dalam mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cerita dalam mata pelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode cerita dalam mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah. Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisis data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus "product moment" Hasil analisis dari penelitian bahwa Tingkat Penggunaan Metode Cerita dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Diniyah Miftahurrohmah termasuk dalam kategori baik. Terbukti memiliki nilai rata-rata 32,6 yang berada dalam interval 32-34, yang masuk dalam kategori baik. Tingkat motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftahurrohmah termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 31,9. Nilai tersebut berada dalam interval 30-32, yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil perhitungan koefisien korelasi rxy = 0,504, berarti terdapat pengaruh positif yang cukup kuat antara penggunaan metode cerita (variabel X) dengan motivasi belajar (variabel Y) karena pada taraf signifikan 5% (rt = 0,329) dan pada taraf signifikan 1% (rt = 0,424) nilai rxy = 0,504 (rxy >/ rt) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode cerita terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftahurrohmah desa Cepagan Warungasem Batang. Ini berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode bercerita, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:15
Last Modified: 28 Dec 2021 06:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item