Studi tentang sistem pembelajaran terpadu di SDIT Insan Mulia Kajen kabupaten Pekalongan (Tinjauan Materi, Metode, dan Evaluasi)

Kundarno, Kundarno (2012) Studi tentang sistem pembelajaran terpadu di SDIT Insan Mulia Kajen kabupaten Pekalongan (Tinjauan Materi, Metode, dan Evaluasi). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (12MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Adapun tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana materi, seperti apa metode, dan bagaimana evaluasi dalam sistem pembelajaran terpadu di SDIT Insan Mulia Kajen kabupaten Pekalongan. SEdangkan kegunaan penelitian ini ialah sebagai bahan masukan dalam mengembangkan pendidikan menghadapi era modern, memberi input bagi lembaga dan praktisi pendidikan, serta sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak atau praktisi pendidikan mengingat sistem terpadu cukup baik dan belum banyak dikembangkan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah analisis data induktif yaitu data yang bersifat khusus dikembangkan menjadi pola yang bersifat umum. Hasil penelitian studi tentang sistem pembelajaran terpadu di SDIT Insan MUlia Kajen Pekalongan ini dapat disimpulkan bahwa, pertama, materi/kurikulum dikembangkan berpedoman pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang tujuan pendidikan, dan kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum terpadu yang merupakan perpaduan antara kurikulum DEPAG dan DINAS. Untuk merealisasikan hal tersebut sekolah senantiasa memetakan SK-KD yang mencakup tiga ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Kedua, penggunaan metode pembelajaran di SDIT Insan Mulia bervariatif dan menggunakan media serta sumber belajar yang luas, dan dilaksanakan dengan pendekatan pertama berbasis problem solving yang melatih peserta didik berpikir kritis, sistematis, logis, dan solutif, kedua berbasis kreativitas yang melatih peserta didik untuk berpikir orisinil, luwes, dan imajinatif, serta keteramplan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan penuh maslahat bagi diri dan lingkungannya. Dan ketiga dengan menyajikan standar penilaian di SDIT Insan Mulia merujuk kepada Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang standar penilaian. Evaluasi yang dilakukan dengan berbagai metode dan berbasis unjuk kerja dengan mengutamakan penilaian acuan patokan daripada penilaian acuan norma, sehingga selain penilaian produk, juga penilaian terhadap proses. Peserta didik selalu dilibatkan sehingga dapat menjadi refleksi diri bagi peserta didik, dan evaluasi ini menjadi umpan balik untuk pengembangan peserta didik yang bersifat individual dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: sistem pembelajaran terpadu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:15
Last Modified: 28 Dec 2021 06:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item