Demokratisasi dalam pendidikan islam (Studi Kasus di SMP Negri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan)

UNSPECIFIED (2010) Demokratisasi dalam pendidikan islam (Studi Kasus di SMP Negri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
full teks.pdf

Download (34MB)
[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalomham.ac.id

Abstract

Demokratisasi dalam konteks pendidika dapat diartikan sebagai pembebasan pendidikan dan manusia dari struktur dan sistem perundangan yang menempatkan manusia sebagai komponen. lebih jauh, demokratisasi adalah pembebasan manusia dari ketergantungan atas realitas objektif yang sering menghambat pengembangan diri. Sudah waktunya sistem pendidikan yang selalu mengandalkan kekuasaan pendidik, tanpa memperhatikan pluralisme peserta didik dan menjauhkan peserta didik dari demokratisasi pendidikan, harus direnovasi agar tercipta generasi madani Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiaan ini dalah eksperimen. dalam metode pengumpulan data penulis menggunakan etode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa pelaksanaan demokrasi pendidikan di SMP 0@ Kesesi Kabupaten Pekalongan tercermin dalam pelaksanaan yang memiliki beberapa kaidah diantaranya, kaidah ta'aruf (saling mengenal), syura (musyawarah), ta'awun (kerjasama), maslahah (menguntungkan masyarakat), adil, taghyir (perubahan). Selain itu juga didapatkan bahwa pelaksanaan demokratisasi pendidikan islam di SMP 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan cukup baik atau dengan hasil sebesar 58,95%

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan islam, Demokratisasi pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:26
Last Modified: 13 Dec 2021 04:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item