Peranan pendidikan islam nonformal dalam pembinaan beragama (Studi Kasus di Kelurahan Bendan Kota Pekalongan)

Rozak, Abdul (2006) Peranan pendidikan islam nonformal dalam pembinaan beragama (Studi Kasus di Kelurahan Bendan Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
full teks.pdf

Download (24MB)
[img] Text
i-v.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalomham.ac.id

Abstract

Pendidikan islam yang menganut konsep pendidikan seumur hidup dapat berlangsung di lingkungan sekolah dan di luar sekolah, baik di keluarga maupun di masyarakat sehingga dalam pendidikan islam, ada pendidikan islam formal, informal, dan nonformal. Pelaksanaan pendidikan islam nonformal yang berlangsung di kelurahan bendan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pendidikan islam nonformal yang dilembagkan dan yang tidak dilembagakan. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan tiga permasalahan antara lain : Bagaimana pelaksanaan pendidikan islam nonformal dikelurahan Bendan, bagaimana peranan pendidikan islam nonformal dalam bentuk dakwah Islamiyah terhadap kultur budaya masyarakat di kelurahan Bendan, dan bagaimanakah peranan pendidikan islam nonformal melalui dakwah islamiyah tersebut dalam meningkatkan ketaatannya di dalam beragama bagi masyrakat Bendan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni penulis mengumpulkan data untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan penelitian. Sedang jenis penelitiaan ini merupakan penelitiaan lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah; pertama, bahwa pelaksanaan pendidikan islam nonformal dikelurahan Bendan memiliki kualifikasi cukup atau sedang yaitu dengan prosentase 52,12%. Kedua, pembinaan beragama yang berlangsung dikelurahan Bendan juga tergolong dalam kategori cukup atau sedang dengan prosentase 61,86%. Ketiga, untuk mengetahui peranan pendidikan islam nonformal terhadap pembinaan beragama, penulis hanya menjumlahkan dua variabel tersebut kedalam rumus yaitu X+Y dibagi dengan jumlah soal kemudian dikalikan seratus perse, yaitu 55,21% dab masuk kedalam kategori cukup atau sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRozikin, RozikinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan islam, pendidikan nonformal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:37
Last Modified: 13 Dec 2021 08:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item View Item