Mufidah, Nisaul (2019) Strategi promosi produk simpanan qurban (siqurma) dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS Kopena Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Promosi merupakan kegiatan yang termasuk penting, setiap bank berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Dalam strategi promosi terdapat bauran pemasaran (marketing mix) sebagai salah satu aspek strategi dalam promosi. Elemen-elemen bauran pemasaran (marketing mix) terdiri dari 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat/saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). Simpanan qurban merupakan produk yang ditawarkan bank syariah yang ditujukan bagi masyarakat dalam mempersiapkan dana untuk berqurban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi yang digunakan dan faktor-faktur yang mendukung serta menghambat kegiatan promosi produk simpanan qurban. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan pada umumnya, serta pengembangan pengetahuan khususnya yang berhubugan dengan strategi promosi produk simpanan qurban (SIQURMA) dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang data-datanya diperoleh langsung dari KSPPS KOPENA Pekalongan, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kabag marketing, kabag simpanan, kabag SDM personalia dan nasabah KSPPS KOPENA Pekalongan. Objek penelitian ini adalah produk simpanan qurban (SIQURMA) di KSPPS KOPENA Pekalongan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui strategi promosi produk simpanan qurban (SIQURMA) dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS KOPENA Pekalongan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi produk simpanan qurban (SIQURMA) dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS KOPENA Pekalongan melalui perencanaan yaitu mempertimbangkan kualitas produk agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan yang lainya, melaksanakan sesuai yang sudah direncanakan dengan memanfaatkan SDM dengan semaksimal mungkin agar tujuan yang direncanakan dapat tercapai, serta evaluasi terhadap produk simpanan qurban (SIQURMA), Dengan menggunakan 4 sarana promosi yaitu periklanan (adversting), promosi penjualan (sales promotion), penjualan pribadi (personal selling), dan publisitas (publicity).
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Produk Simpanan Qurban (SIQURMA) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 02 May 2020 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 02 May 2020 06:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |