Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MTs Gondang

Abidin, M. Hamdan (2013) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MTs Gondang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di era global pada zaman sekarang, dibutuhkan formula baru dalam dunia pendidikan yang diharapkan mampu menciptakan siswa-siswi yang mempunyai kualitas daya saing yang tinggi dan karakter yang sesuai dengan tuntunan Islam. MTs Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan yang mengembangkan sistem boarding school yang mengedepankan keunggulan di bidang akademik dan pembentukan karakter sehingga mampu menjawab tantangan global di masa sekarang. Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana sistem pendidikan boarding school yang dikembangkan di MTs Gondang, bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school di MTs Gondang, serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem boarding school di MTs Gondang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem pendidikan boarding school di MTs Gondang, penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school di MTs Gondang, dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem boarding school di MTs Gondang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan satu variabel yaitu nilai-nilai pendidikan karakter. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview dengan menggunakan analisis data bersifat induktif (grounded theory). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem boarding school di MTs Gondang menggabungkan sistem pendidikan pondok modern dan pondok salaf serta menggabungkan kurikulum Diknas, Depag dan ciri khusus MTs Gondang. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school yaitu kemandirian, disiplin, kebersihan, tanggung jawab, hubungan sosial, pelaksanaan ibadah, percaya diri, sopan santun, dan punya daya saing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: sistem boarding school, pendidikan karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:01
Last Modified: 28 Dec 2021 05:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item