Nilai-nilai pendidikan Islam thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah dalam membentuk kepribadian muslim di masjid Nurul Anwar kelurahan Tirto kota Pekalongan

Setio, M. Teguh Bangun (2016) Nilai-nilai pendidikan Islam thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah dalam membentuk kepribadian muslim di masjid Nurul Anwar kelurahan Tirto kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (18MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan Islam merupakan kebutuhan dasar manusia sebagai bekal untuk menjalani dan memenuhi tujuan hidup yang lebih baik. Thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah di masjid Nurul Anwar melalui amalan dan ajarannya memiliki cara yang khas dalam ajaran dan amalan-amalannya untuk membentuk kepribadian para pengikutnya mencapai tujuan terciptanya kepribadian muslim yang baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana amaliah thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah, bagaimana kepribadian jamaah thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah, dan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam thoriqoh wa naqsyabandiyah dalam membentuk kepribadian muslim di masjid Nurul Anwar kelurahan Tirto kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field resrach), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedang metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif, yaitu analisis yang mendeskripsikan apa yang ada, baik proses yang berlangsung, akibat efek yang sedang terjadi atau kecenderungan yang sedang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, amalaliah thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah di masjid Nurul Anwar antara lain amalan harian, yaitu dzikir yang diamalkan setelah sholat fardhu, amalan mingguan yaitu berupa khotaman dzikir yang dilaksanakan dua kali dalam satu minggu, amalan bulanan yaitu berupa khotaman, amalan tahunan yaitu berupa tawajuh kepada guru mursyid, dan amalan-amalan khusus lainnya seperti kholwat dan peringatan hari besar Islam. Kedua, kepribadian warga jamaah thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah di masjid Nurul Anwar dapat dikatakan cukup baik, ini dibuktikan dengan perilaku luar mereka yang selalu mengamalkan dzikir dan juga falsafah kehidupan mereka yang tetap harus bekerja keras akan tetapi dunia bukanlah tujuan utama. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah dalam membentuk kepribadian muslim di masjid Nurul Anwar diantaranya adalah nilai pendidikan tasawuf, yaitu ikhlas, istiqomah, ridho, mahabbah, zuhud, tawadhu, dan tauhid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah, kepribadian muslim
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:23
Last Modified: 28 Dec 2021 07:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item