Penggunaan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) sebagai upaya peningkatan prestasi belajar tarikh dan kebudayaan Islam semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 (studi penelitian tindakan kelas SD Negeri 02 Jetak Kidul)

Masruroh, Masruroh (2012) Penggunaan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) sebagai upaya peningkatan prestasi belajar tarikh dan kebudayaan Islam semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 (studi penelitian tindakan kelas SD Negeri 02 Jetak Kidul). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (21MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam menggunakan suatu metode pembelajaran, tidak ada suatu metode pembelajaran yang lebih baik dari metode pembelajaran yang lain. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, diperlukan suatu alternatif model pembelajaran yang lebih tepat dan menarik, yaitu dengan metode belajar survey, question, read, recite, dan review (SQ3R). Metode SQ3R merupakan metode belajar yang mempunyai tujuan agar kegiatan membaca dapat dilaksanakan sesingkat mungkin tetapi dengan daya serap yang tinggi. Dalam penelitian tindakan kelas ini, dipaparkan dua permasalahan antara lain : bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R dan apakah penerapan metode belajar SQ3R pada siswa SD Negeri 02 Jetak Kidul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas antara lain : untuk mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran PAI tentang tarikh dan kebudayaan Islam dengan menggunakan metode SQ3R, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tarikh dan kebudayaan Islam pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetak Kidul kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan melalui penggunaan metode belajar SQ3R. Sedangkan kegunaan penelitian tindakan kelas ini adalah secara praktis dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetak Kidul khususnya tentang tarikh dan kebudayaan Islam, sebagai bahan informasi bagi siswa bahwa dengan menggunakan metode yang tepat dapat memberikan individu yang melaksanakannya. Sedangkan secara akademis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana tentang pentingnya metode SQ3R dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis trianggulasi, artinya data itu dianalisis lebih dari satu perspektif, yaitu memeriksa kebenaran hipotesis, konstruk, atau analisis dengan membandingkan hasil orang lain, misal mitra peneliti lain yang hadir dan menyaksikan situasi yang sama untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetak Kidul dalam mata pelajaran PAI. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah : pertama, metode belajar SQ3R efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetak Kidul kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran PAI pokok bahasan tarikh dan kebudayaan Islam. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata 75. Pada suatu siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 85% dengan nilai rata-rata 81. Kedua, aktivitas siswa 1 pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 68,75% dengan kategori cukup baik. Kekurangan yang ada pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Perolehan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 77% dengan kategori baik. Dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 02 Jetak Kidul.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penggunaan metode survey, question, read, recite, review, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:10
Last Modified: 06 Jan 2022 04:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item