Masruroh, Umi (2011) Pendidikan Nilai Spiritual dalam Al-Qur'an (Tela'ah Surat Al-Isra' Ayat 79 dan Surat Al-Muzammil Ayat 20). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (13MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) |
Abstract
Pendidikan spiritual merupakan jadi diri yang fundamental bagi manusia, untuk menuju ke jalan hidup yang tidak ambigu, fana dan prasakal. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan nilai spiritual, kandungan ayat 20, dan oendidikan nilai spiritual dalam surat Al-Isra' ayat 29 dan surat Al-Muzammil ayat 20. Meode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pengumpulan data-datanya menggunakan model penelitian kepustakaan atau library research, yaitu dengan menelaah buku-buku dan tenaga kitab tafsir yang berkaitan dengan pokok-pokok permasalahan, yang kemudian diperoleh data-data yang dikehendaki, kemudian data dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa QS. Al-Isra' ayat 79 dan QS. Al-Muzammil ayat 20 mengandung nilai positif yang berkaitan dengan pendidikan nilai spiritual antara lain sebagai komunikasi kepada sang khalik untuk mencapai ketentraman batin dan jiwa, sebagai sarana untuk mendapatkan pahala yang lebih, yang telah dijanjikan oleh Allah tempat terpuji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Nilai Spiritual, Al-Isra', Al-Muzammil | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mahasiswa Tiga | ||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:34 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2667 |
Actions (login required)
View Item |