Penerapan bimbingan agama melalui teknik reward and punishment dalam membentuk kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan

Baeti, Nur (2019) Penerapan bimbingan agama melalui teknik reward and punishment dalam membentuk kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Kedisiplinan perlu sejak dini agar dapat melekat pada kepribadian anak sampai ia tumbuh dewasa. Kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan. Anak-anak di Panti Asuhan adalah anak-anak yang jauh dari kasih sayang orang tua, sehingga panti asuhan berperan dalam memberikan pendidikan bagi anak. Bimbingan dalam menangani kedisiplinan sangat diperlukan untuk mereka, baik kedisiplinan dalam waktu, beribadah, menaati aturan dan dalam bersikap. Oleh karena itu, perlu adanya metode dalam pembinaan kedisiplinan anak dan teknik yang digunakan. Di dalam Panti Asuhan menggunakan metode-metode bimbingan agam yang bernilaikan Islami serta teknik berupa reward and punishment dengan maksud untuk membentuk pribadi anak agar dapat menumbuhkan kesadaran dalam dirinya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan? 2) Bagaimana penerapan bimbingan agama melalui teknik reward and punishment dalam membentuk kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan?. sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan? 2) Untuk mengetahui penerapan bimbingan agama melalui teknik Reward and punishment dalam membentuk kedisiplinan anak asuh putri di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi dan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data primer diambil dari responden yakni anak asuh dan pembimbing ataupun pengasuh yang ada di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan, data sekunder diambil dari hasil studi pustaka berupa buku, penelitian, dan tulisan yang berhubungan dengan judul penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini tahapanya adalah reduksi data, analisis data dan interprestasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kedisiplinan anak-anak yang ada di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan sudah cukup baik. Dalam pembinaannya digunakan metode langsung yakni dengan teguran, ceramah, dan tanya jawab. Sedangkan metode tidak langsung pembimbing menggunakan jadwal kegiatan dan keteladanan. Serta menggunakan teknik reward and punishment. Penerapan bimbingan agama yang diterapkan di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan dapat dikatan sudah cukup baik dalam membentuk kedisiplinannya, hal ini dapat dilihat dari perilaku disiplin anak asuh yang selalu mematuhi tata tertib dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Reward and Punishment, Kedisiplinan
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 03 May 2020 15:20
Last Modified: 08 Jul 2020 08:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item