Kompetensi Guru menurut pemikiran Az-zarnuji dan Relevansinya dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim)

Khumaidah, Khumaidah (2015) Kompetensi Guru menurut pemikiran Az-zarnuji dan Relevansinya dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021111277 KHUMAIDAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text
2021111277 KHUMAIDAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://www.perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu komponen penting dalam pencapaian tujuan pendidikan adalah guru. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru harus memiliki beberapa kompetensi dalam menjalankan tugasnya. Menurut undang-undang RI no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa "Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dalam pasal 10 ayat 1, menyebutkan "Guru wajib memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dan kompetensi guru menurut Az-zarnuji adalah, 'alim, wara', dan sanna. Dengan mengetahui kompetensi guru, berharap dapat menemukan relevankan kompetensi guru yang ditawarkan oleh Az-zarnuji dengan kompetensi guru pada masa kini yang didasarkan pada undang-undang No. 14 tahun 2005. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru menurut pemikiran Az-zarnuji dan UU No.14 Tahun 2005 dan bagaimanakah relevansinya? Tujuan bagaimana kompetensi guru menurut pemikiran Az-zarnuji dan UU No.14 Tahun 2005 dan bagaimanakah relevansinya?. Manfaat penelitian secara praktis dapat dipergunakan sebagai masukan bagi para guru untuk mengetahui kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki guru dalam proses pembelajaran dan untuk mengaplikasikan kompetensi guru sesuai dengan konsep Az-zarnuji dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jenis penelitian ini adalah library research (Kajian pustaka). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan cara membaca, menelaah dan memahami sumber data. Metode yang digunakan adalah content analisys yaitu dengan menganalisa dan memahami isi buku atau kitab untuk mengetahui. Dan metode deskriptif yaitu menggambarkan kondisi yang ada, proses yang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi guru menurut Az-zarnuji ('alim, wara' dan Sanna) masih ada yang relevan tetapi sebagian ada yang sudah tidak relevan dengan kompetensi guru di dalam undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen (pedagogik, profesional, kepribadian, sosial). 'Alim relevan dengan kompetendi profesional yaitu memiliki ilmu pengetahuan yang dapat membekali dirinya dalam proses keprofesionalannya dalam mengajar, sedangkan 'alim tidak relevan dengan kompetensi pedagogik, kepribadian, maupun sosial. Wara' hanya relevan dengan kompetensi kepribadian yaitu guru yang mempunyai budi pekerti luhur, arif, bijaksana, yang selalu menjaga dirinya dari hal-hal yang buruk sehingga mempunyai "personality" yang kuat atas dirinya. Sanna (lebih tua) tidak relevan lagi dengan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, maupun sosial. Jadi kompetensi sanna di dalam kompetensi menurut Az-zarnuji tidak tertuang di dalam undang-undang no. 14 tahun 2005 sedangkan kompetensi pedagogik maupun kompetensi sosial juga tidak tertuang di dalam kompetensi menurut Az-zarnuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Az-zarnuji, Undang-Undang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:53
Last Modified: 16 Oct 2023 02:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item