Persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan

Athiyah, Nais Stanaul (2015) Persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111280 NAIS STANAUL ATHIYAH COVER BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021111280 NAIS STANAUL ATHIYAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aswaja merupakan mata pelajaran khusus bagi satuan pendidikan tertentu dan jarang ditemukan di satuan pendidikan umum. Pendidikan Aswaja dimaksudkan untuk membentengi diri ditengah-tengah gempuran era globalisasi. Hal itu yang kemudian menuntut untuk dicantumkannya materi Aswaja sebagai salah satu mata pelajaran pada kurikulum sekolah yang berbasis NU. Lembaganya dikenal dengan LP. Ma'arif NU. Salah satu sekolah di bawah naungan LP. Ma'arif NU adalah SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan. Sekolah tersebut ada kegiatan Aswaja seperti Istighosah, Ziarah kubur dan Nariyahan. Akan tetapi, pengetahuan siswa tentang pendidikan Aswaja lebih mengenal dari tradisi-tradisinya saja, sedangkan pada idealnya, pendidikan Aswaja tidak hanya pada tradisi, namun juga pada nilai-nilai pendidikan Aswaja. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan, Bagaimana Persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja dan faktor apa saja yang melatar belakangi persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Peka]ongan, untuk mengetahui Persepsi siswa tentang Pendidikan Aswaja dan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi persepsi siswa tentang Pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan analisis data berupa deskriptif melalui metode induktif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan, maka dapat disimpulkan: Pendidikan Aswaja di SMK Syafi'i Akrom Kota Pekalongan berupa teori dan aplikasi. Persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja adalah siswa menyadari bahwa pendidikan Aswaja sangat penting sebagai pedoman beragama, Siswa lebih mengetahui pendidikan Aswaja hanya dalam hal tradisi dan sejarah Aswaja. Selain itu, siswa merasa kesulitan dari kata-kata atau istilah asing pada materi Aswaja, termasuk pada nilai-nilai pendidikan Aswaja yang menjadi karakter khas Aswaja. Faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja, antara lain: Informasi yang diterima oleh siswa di kelas, Faktor lingkungan yang mempengaruhi cara pandang siswa tentang pendidikan Aswaja serta rutinitas keagamaan dan dorongan orang tua yang menjadi faktor melatar belakangi persepsi siswa tentang pendidikan Aswaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Siswa, Pendidikan Aswaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:41
Last Modified: 18 Oct 2023 04:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item