Gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan

Rohimah, Ufi (2015) Gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111284 UFI ROHIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Text
2021111284 UFI ROHIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Gaya belajar merupakan cara yang cenderung dipilih seseorang untuk menerima informasi dari lingkungan dan memproses informasi agar dapat diterima dengan baik sehingga hasilnya optimal. Setiap orang mempunyai gaya belajar tersendiri, gaya belajar yang sesuai dan nyaman dapat mempengaruhi proses belajarnya. Belajar yang optimal dapat diperoleh dengan proses belajar yang baik. Dengan mengetahui gaya belajarnya Santri Ndalem dapat mengelola cara belajar yang efektif yang disesuaikan dengan aktivitas kesehariannya serta kondisi fisiknya, sehinga dapat memaksimalkan kemampuan dan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. 2.Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. 2.Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: Untuk memberikan informasi kepada para santri maupun peserta didik yang efektif dan efisien tentang pentingnya gaya belajar untuk memaksimalkan proses belajar. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dimiliki Santri Ndalem cukup bervariasi, yaitu dua Santri Ndalem yang mempunyai gaya belajar visual (cara belajar dengan mengandalkan penglihatan), terdapat satu Santri Ndalem yang mempunyai gaya belajar auditori (cara belajar dengan mengandalkan pendengaran), serta satu Santri Ndalem yang mempunyai gaya belajar kinestetik (cara belajar dengan melakukan langsung sesuatu yang memberikan pengetahuan). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar Santri Ndalem di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan adalah: faktor fisik (berhubungan dengan jasmani individu), faktor emosional (berhubungan dengan kecenderungan mereaksi sesuatu), faktor sosiologis (berhubungan dengan interaksi antar manusia), serta faktor lingkungan (berhubungan dengan suasana, kondisi alam atau lingkungan tempat tinggal yaitu pondok pesantren).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Santri Ndalem
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:56
Last Modified: 18 Oct 2023 05:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item