Pemanfaatan Dubbing atau Sulih Suara Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis IT dalam Materi Mufradat Siswa Kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan

Putri, Irfani Rachma (2022) Pemanfaatan Dubbing atau Sulih Suara Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis IT dalam Materi Mufradat Siswa Kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SD Islam Kergon 02 merupakan sekolah tingkat dasar yang terletak di Jalan Jawa No. 23 Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Badan Wakaf Ma’had Islam dan Dinas Pendidikan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah formal di Kota Pekalongan yang menyeimbangkan antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Selain itu, SD Islam Kergon 02 juga unggul dalam mata pelajaran bahasa Arabnya. Awalnya, media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas II hanya menggunakan media gambar. Namun, seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, media pembelajaran di-upgrade sehingga pembelajaran tidak monoton dan peserta didik tidak merasa bosan. Adapun media tersebut berupa dubbing atau sulih suara video animasi. Rumusan masalah yang muncul berdasarkan latar belakang masalah di atas adalah 1) Bagaimana implementasi dubbing atau sulih suara video animasi sebagai media pembelajaran bahasa Arab berbasis IT dalam materi mufradat siswa kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan dubbing atau sulih suara video animasi sebagai media pembelajaran bahasa Arab berbasis IT dalam materi mufradat siswa kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pemanfaatan dubbbing atau sulih suara video animasi sebagai media pembelajaran bahasa Arab berbasis IT dalam materi mufradat siswa kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pertama perencanaan meliputi: tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Tahap kedua pelaksanaan meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tahap ketiga penilaian. Adapun faktor pendukung dalam pemanfaatan dubbing atau sulih suara video animasi sebagai media pembelajaran bahasa Arab berbasis IT dalam materi mufradat siswa kelas II SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan terdiri dari: media video animasi menjadikan antusiasme belajar bahasa Arab peserta didik meningkat, fasilitas sekolah yang memadai dan adanya sumber belajar bagi peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya pengeras suara atau speaker dan keterbatasan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, M.A, Dr. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dubbbing Video Animasi, Media Pembelajaran, Materi Mufradat
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:14
Last Modified: 22 Feb 2023 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item