Ismiyati, Subekti (2022) Urgensi metode takrir mufradat untuk keterampilan berbicara bahasa arab pada santri Darul Amanah Sukorejo Kendal. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2218108_SUBEKTI ISMIYATI.rar Download (12MB) |
Abstract
Abstrak: Metode takri ̅r merupakan cara belajar dengan menggunakan teknik pengulangan. Metode takri ̅r menjadi sarana efektif untuk menghafal. Kemampuan berbicara (maha̅rah al-kalam) merupakan keterampilan mengucapkan beberapa kata guna mengutarakan pikiran berupa gagasan, argumen, hasrat, maupun perasaan kepada lawan bicara. Penelitian ini dibuat dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal, 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode takri̅r mufrada ̅t terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab pada Santri Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode takri̅r mufrada ̅t terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab pada Santri Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer ialah ustadzah dan santri dan sumber sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Humberman. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: pertama keterampilan berbahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Darul Amanah sudah baik karena para santri selalu diajarkan berbahasa setiap harinya. Oleh karena itu, para santri selalu berprogres dari hari ke hari dalam menggunakan bahasa Arab, kedua penerapan metode takri̅r mufrada ̅t terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab pada Santri Pondok Pesantren Darul Amanah, Sukorejo, Kendal sangat penting, sangat baik dan bermanfaat sebab metode takri̅r mufrada ̅t memiliki tujuan untuk membantu menghafal, mengingat, serta melatih kemampuan berbahasa para santri, ketiga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan, diantara beberapa kelebihanya penguasaan mufradāt lebih mudah dipahami dan diingat, tidak membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menghafal, jumlah mufradāt menjadi lebih banyak dikuasai, sedangkan kekurangan dari metode takri̅r mufrada ̅t adalah penerapan metode takri̅r mufradāt yang terlalu sering membuat santri merasa jenuh, penerapan takri̅r mufradāt di skala besar, tidak sedikit santri yang menyepelekan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode takrir, mufradat, keterampilan berbicara | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:42 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
View Item |