Azkiyati, Anis Tia Mely (2019) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Para siswa kelas VI MIS Karanganayar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan sangat berantusias dalam belajar. Motivasi yang mereka miliki dapat dikatakan cukup tinggi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya para guru membentuk kelompok belajar atas keinginan guru itu sendiri, di tahun ini, para siswa kelas VI MIS Karanganyar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan justru terlebih dahulu meminta kepada para guru untuk membentuk kelompok belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi pedagogik guru di MIS Karanganyar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI di MIS Karanganyar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? dan Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI MIS Karanganyar 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif model regresi linier. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa kompetensi pedagogik guru MIS Karanganyar 01 kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan termasuk kategori Baik karena mempunyai nilai rata-rata 54,24, terletak diantara interval 52 – 57. Motivasi belajar siswa kelas VI MIS Karanganyar 01 kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan juga termasuk Baik dengan nilai rata-rata 73,65 yang berada pada interval 73 – 80. Adapun kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI.. Hal tersebut terbukti dari hasil perhitungan analisis regresi. Dimana nilai t test = 5.14. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai t tabel baik pada taraf signifikan1% maupun 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa t test = 5.14, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1.687 dan pada taraf signifikan 1% = 2.431. Sedangkan nilai rxy lebih besar dari nilai “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dimana diketahui bahwa rxy = 0.654, sedangkan “r” tabel pada taraf signifikan 5% = 0.325 dan pada taraf signifikan 1% = 0.418. Ini berarti bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VI MIS Karanganyar 01 kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2020 05:44 | ||||||||
Last Modified: | 22 Apr 2020 05:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/27 |
Actions (login required)
View Item |