Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan

Ghoni, Arkan Abdul (2022) Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Full Paper Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurangnya karakter disiplin dan tanggung jawab yang dimiliki oleh peserta didik akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Seperti halnya terlambat ketika berangkat sekolah ataupun melanggar peraturan sekolah. Ada kalanya juga interaksi yang dilakukan oleh sebagian peserta didik kepada gurunya masih menunjukkan perilaku yang kurang baik dan sopan. Selain itu, saat proses pembelajaran pun terkadang masih terjadi ketidakpatuhan seperti berbuat gaduh dan lalai dalam belajar ataupun mengerjakan tugas. Maka dari itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk membenahi permasalahan tersebut agar tidak terulang kembali khususnya oleh guru PAI karena sebagai pelaku dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dari peserta didik. Pembentukan karakter sebenarnya tidak hanya wajib dilakukan oleh pihak sekolah. Namun, lingkungan keluarga dan masyarakat juga sangat berperan besar dalam membentuk karakter. Melalui guru PAI, peserta didik tetap mendapatkan peranan dan bimbingan. Hal ini dikarenakan mata pelajaran PAI dinilai lebih aplikatif, efektif, dan efisien serta berkaiatan dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran PAI pada peserta didik serta mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran PAI pada peserta didik di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekaataan kualitatif yang bertujuan mendapatkan hasil penelitian yang lebih mendalam dan akurat. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik. Contohnya memberikan arahan dan hukuman yang mendidik jika ada yang melanggar, bekerja sama dengan guru BP dalam menegakkan peraturan, mendampingi dan mengawasi tugas piket dari peserta didik. Ada juga faktor yang mendorong dalam pembentukan karakter ini antara lain adanya peraturan sekolah, keterlibatan guru BP, komunikasi dengan orang tua, dan teman sebaya. Namun, tidak dapat dipungkiri ada beberapa yang menjadi penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab seperti keluarga, ketegasan kepala sekolah, dan ekonomi yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: disiplin, pembentukan karakter, tanggung jawab, upaya guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:43
Last Modified: 12 Jul 2023 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item