Kurniati, Kurniati (2019) Layanan Konseling Individu Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kenakalan remaja dilingkungan sekolah sepertinya bukan permasalahan yang baru dan sudah menjadi masalah di banyak sekolah. Oleh sebab itu kenakalan siswa harus diatasi dengan serius dan berkelanjutan, karena remaja merupakan aset generasi penerus bangsa, peran bimbingan dan konseling khusunya dalam layanan konseling individu sangat diperlukan dalam memecahkan permasalahan kenakalan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan, (2) bagaimana layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalonhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan yang ditangani oleh guru BK melalui layanan konseling individu dan untuk mengetahui bagaimana layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK MAN 1 Kota Pekalongan yang menangani siswa yang melakukan kenakalan di sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah proses layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan berupa membolos, siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, merokok, pacaran, mencuri, ikut-ikutan geng motor, dan berkata tidak sopan terhadap guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang diperoleh dengan triangulasi guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan terbagi menjadi dua kategori yaitu kenakalan siswa yang berifat amoral/asosial dan kenakalan siswa yang bersifat pelanggaran hukum. Layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan siswa MAN 1 Kota Pekalongan melalui tiga tahap yaitu: (1) tahap awal (2) tahap pertengahan (3) tahap akhir atau tahap penutup, keduan dilakukan evaluasi dan tindak lanjut kemudian dilihat hasil dari layanan konseling individu yang diberikan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | layanan konseling individu, kenakalan siswa | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 04 May 2020 05:29 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/273 |
Actions (login required)
View Item |