Implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba

Nabila, Nurlaeli Iklima Gita (2022) Implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5.rar

Download (7MB)
[img] Text
SKRPSI LENGKAP.rar
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar yang rendah akibat perasaan malu-malu dan kurang percaya diri pada siswa perlu dihadapi dengan melakukan berbagai cara agar dapat mengembangkan motivasinya dalam belajar. Melalui layanan bimbingan dengan teknik homeroom yang dilakukan dapat menciptakan suasana kekeluargaan, nyaman dan menyenangkan siswa akan lebih terbuka untuk menyampaikan pendapatnya. Hal tersebut dapat mengembangkan motivasi belajar siswa berdasarkan indicator-indikator dalam motivasi belajar menurut Hamzah B. Uno yang meliputi: 1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4)Adanya pengahrgaan dalam belajar atau apresiasi, 5) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, 6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman. Tujuan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dengan teknik homeroom dan untuk mengembangkan motivasi belajar siswa yang awalnya rendah menjadi lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom pada siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Darul Hikmah Bulakamba setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Homeroom?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan melalui pendekatan psikologis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom yang dilakukan sesuai dengan teori yang meliputi, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti (kegiatan) dan tahap pengakhiran; 2) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom yang dilakukan terbukti dapat membantu mengembangkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditandai dengan adanya keinginan untuk berhasil, semangat dalam belajar, lebih memiliki harapan dan mempu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman oleh para siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom motivasi belajar siswa yang sebelumnya rendah mengalami perubahan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAbdullah, ZuhairUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom dan Motivasi Belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:43
Last Modified: 12 Jul 2023 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item