Penanaman nilai-nilai islam moderat pada anggota rohis dalam mencegah radikalisme di SMA N 1 Kajen

Jami'ah, Jami'ah (2021) Penanaman nilai-nilai islam moderat pada anggota rohis dalam mencegah radikalisme di SMA N 1 Kajen. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nilai Islam moderat sangat diperlukan karena Indonesia memiliki kondisi yang beragam (berbagai SARA). Ekstrakurikuler Rohani Islam, selain dapat membangun diri siswa secara personal, juga bermanfaat secara sosial. Ekstrakurikuler Rohis mampu mengakomodir materi keagamaan diuar kesempatan jam pelajaran berlangsung. Nilai Islam moderat dapat diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikluer Rohis, untuk menangkal paham dan aksi radikalisme yang marak belakangan ini (sampai ditulisnya penelitian ini). SMA N 1 Kajen satu dari sekolah yang berada di kabupaten Pekalongan, yang pada aktivitasnya tentu menyelenggarakan ekstrakurikuler Rohani Islam. Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana penanaman nilai-nilai Islam moderat pada Anggota Rohis SMA N 1 Kajen? Bagaimana dampak dari penanaman nilai-nilai Islam moderat tersebut bagi sivitas akademika SMA N 1 Kajen? Bagaimana tingkat moderat dan tingkat radikalisme anggota Rohis SMA N 1 Kajen? Tujuan penelitian adalah: Menganalisa bentuk penanaman Islam moderat pada Anggota Rohis SMA N 1 Kajen dan menganalisa dampak dari penanaman nilai-nilai Islam moderat bagi sivitas akademika SMA N 1 Kajen serta mengetahui tingkat moderat dan tingkat radikalisme anggota Rohis SMA N 1 Kajen. Kegunaan penelitian ini adalah : Sebagai pustaka tentang Islam moderat, kegiatan ekstrakurikuler Rohis serta pencegahan dini Radikalisme. Sebagai acuan karya ilmiah selanjutnya. Memberikan kontribusi kepada SMA N 1 Kajen, sekaligus menjadi bahan rujukan guna kebijakan dan langkah Rohis agar terhindar dari sikap radikalisme. Peneliti memilih jenis penelitian campuran, dimana analisis kualitatif dikedepankan, baru kemudian dianalisa dengan kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Analisis datanya deskriptif dan analisa kuantitatif melalui prosentase. Peneliti mendapati hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1) Penanaman Nilai Islam Moderat pada anggotaRohis SMA N 1 Kajen dapat terlaksana baik, dilihat dari indikator, seperti: menghormati simbol-simbol Negara yang sangat baik; toleransi yang baik (pengurus, anggota Rohis maupun siswa lainnya); tidak ada satupun anggota Rohis yang radikal; dan kebudayaan lokal yang dilakukan oleh Rohis. 2) Dampak Pengamalan dan Perilaku Islam Moderat di Lingkungan Sekolah (SMA N 1 Kajen), diantaranya: perasaan nyaman, tidak diskriminasi bagi orang non Islam; bertoleransi; kondisi harmonis (guru & siswa di lingkungan SMA N 1 Kajen), Pemahaman luwes; jadi teladan bagi rekannya; ramah dan santun (guru dan karyawan dan rekannya); pemahaman Islam komprehensif dan luwes; serta dapatmengontrol kondisi antar teman sejawat (sebaya). 3) Tingkat moderat anggota Rohis SMA N 1 Kajen melalui patokan interpretasi nilai P didapati tingkat kemoderatan anggota Rohis SMA N 1 Kajen berada pada 83 % dimana tergolong baik. Tingkat radikalisme Anggota Rohis SMA N 1 Kajen didapati melalui patokan interpretasi nilai P didapati tingkat radikalisme anggota Rohis SMA N 1 Kajen yang berada pada 20,53 % dimana berada para interpretasi tergolong rendah atau memiliki radikalisme yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTrigiyatno, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islam Moderat, Rohani Islam, Radikalisme
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:46
Last Modified: 31 Jan 2023 01:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item