Implementasi kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan

Muhammad, Syarifudin (2021) Implementasi kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi yang memiliki lembaga pendidikan swasta dari pusat hingga daerah. Di sekolah – sekolah Muhammadiyah terdapat kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan yang diwajibkan untuk diterapkan. Di sekolah – sekolah Muhammadiyah ternyata siswanya banyak yang berasal dari keluarga Nahdhatul Ulama. Kondisi ini akan menimbulkan kesenjangan antara siswa dan guru khususnya pada mata pelajaran kemuhammadiyahan. Sehingga guru kemuhammadiyahan harus memiliki konsep pembelajaran yang baik. Fakta ini terjadi di SMK Muhammadiyah Bligo yang siswanya 70 % merupakan dari keluarga Nahdhatul Ulama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum muatan khusus Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan ?, 2) Bagaimana implikasi dari implementasi kurikulum muatan khusus Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan terhadap sikap keagamaan peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum muatan khusus Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan, 2) Mengeksplorasi dan mendeskripsikan implikasi dari implementasi kurikulum muatan khusus Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan terhadap sikap keagamaan peserta didik. Penelitian ini memiliki keguanaan teoritis dan praktis khususnya dalam pengembangan kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan di sekolah Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Kesimpulan selalu jelasdasar faktualnya sehingga semuanya selalu dapat dikembalikan langsung pada data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo memiliki perencanaan yang berpedoman dari Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dengan pengembangan xiv secara mandiri. Pelaksanaan kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan dilakukan di dalam kelas dalam bentuk pembelajaran kelas dan di luar kelas dalam bentuk penugasan. Sedangkan evaluasinya mengikuti standar yang diterapkan oleh pihak sekolah. Pengaruh dari kurikulum muatan khusus kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah Bligo adalah 1) siswa yang berasal dari keluarga Muhammadiyah mendapat pemahaman yang lebih lengkap tentang organisasi Muhammadiyah dan ajarannya sedangkan siswa yang berasal dari keluarga bukan Muhammadiyah dapat mengenal organisasi Muhammadiyah beserta ajarannya, 2) siswa terbiasa melaksanakan shalat dhuha, shalat dhuhur dan shalat ashar berjamaah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Muatan Khusus, Kemuhammadiyahan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:46
Last Modified: 31 Jan 2023 01:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item