Upaya Guru SMP PGRI5 Petarukan, Pemalang dalam menanggulangi kenakalan siswa melalui pembinaan karakter

Nawi, Fabanyo (2020) Upaya Guru SMP PGRI5 Petarukan, Pemalang dalam menanggulangi kenakalan siswa melalui pembinaan karakter. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Upaya guru sangat besar dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi harus mempunyai kompetensi. Kompetensi meliputi aspek pedagogik, kepribadian, profesionalisme dan sosial. Hal ini adalah sebuah keharusan bagi seorang guru sebab guru adalah manusia pilihan yang tidak sembarang manusia sanggup melaksanakannya. Permasalahan pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana upaya guru SMP PGRI 5 Petarukan dalam menanggulangii kenakalan siswa? 2. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP PGRI 5 Petarukan, Pemalang? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis upaya guru SMP PGRI 5 Petarukan dalam menanggulangi kenakalan siswa, untuk menganalisis kenakalan-kenakalan siswa yang akan menjadi proyek pembinaan karakter. Sedangkan Kegunaan Penelitian ini sebagai berikut: Secara teoritis dapat penelitian ini diharapkan akan menambah wawasan pengetahuan dalam pembinaan karakter bagi siswa, dan merupakan langkah-langkah untuk menanggulangi kenakalan-kenakalan lainnya.. Sedangkan secara praktis dapat menjadi panduan bagi guru dalam membina karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1. Upaya guru dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang yaitu Semua guru selalu memberikan teladan, pemberian nasehat, pemberian motivasi, metode sanksi dan penghargaan, shalat berjamaah dan kultum dan komunitas siswa. 2. Kendala yang dihadapi guru dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang adalah lingkungan yang tidak kondusif, diantaranya: lingkungan keluarga, pengaruh media massa, teknologi dan lingkungan pergaulan serta kurangnya sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Menanggulangi, Kenakalan, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item