Kriteria ketuntasan minimal peserta didik pada mapel pendidikan agama islam dan budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019

Fatimah, Khusnul (2020) Kriteria ketuntasan minimal peserta didik pada mapel pendidikan agama islam dan budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengertian KKM dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 20 tahun 2007 tertanggal 11 Juni 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan, adalah singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir satuan pendidikan merupakan ambang batas kompetensi. KKM menjadi standar penentuan kualitas sekolah sekaligus peserta didik terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru kepadanya. KKM yang tinggi akan menunjukkan kualitas sekolah, sedang KKM yang rendah akan menunjukkan rendahnya kualitas peserta didik dan pendidiknya. KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun ajaran dimulai. Seberapapun besarnya jumlah peserta didik yang melampaui batas ketuntasan minimal, tidak mengubah keputusan pendidik dalam menyatakan lulus dan tidak lulus pembelajaran. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan? Faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan? Bagaimana tingkat ketercapaian KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa cara menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, untuk menganalisa faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD N 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, untuk menganalisa tingkat ketercapaian KKM peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang KABUPATEN Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Cara menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, terdiri dari empat langkah, yaitu: langkah xiii pertama adalah semua guru yang ada di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan berkumpul untuk menetapkan KKM mapel PAI dan Budi Pekerti, langkah kedua adalah pengesahan, langkah ketiga adalah sosialisasi, langkah keempat adalah penetapan di LHBS (laporan hasil belajar peserta didik). 2) Faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, antara lain: pertama, faktor intake yaitu kemampuan rata-rata peserta didik atau kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik, baik segi kognitif, afektif maupun psikomotor. kedua, faktor kompleksitas yaitu tingkat kerumitan atau kesulitan yang ada pada Standar Kompetensi – Kompetensi Dasar mapel PAI dan Budi Pekerti. ketiga, faktor daya dukung yaitu hal-hal lain yang bisa membantu kelancaran proses pembelajaran, meliputi: ketersediaan, kecukupan, dan kesesuaian sumber daya pendukung baik terkait dengan SDM atau non SDM. Non SDM di sini seperti perangkat pembelajaran (misal: sumber belajar, media), administrasi, sarana dan prasarana yang tersedia. 3) Tingkat ketercapaian KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti di SD Negeri 01 Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan adalah nilai rata rata yang diperoleh peserta didik SD Negeri 01 Sidomulyo memang belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 80. Maka untuk itu dibutuhkan penanganan dan perhatian khusus agar nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik SD Negeri 01 Sidomulyo dapat melampaui nilai KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kriteria Ketuntasan Minimal, Mapel PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 08 Feb 2023 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item