Implementasi integrasi pembelajaran bahasa inggris dengan kompetensi inti 1 ( kompetensi spiritual ) di SMP Sains Cahaya Al-qur’an Pekalongan

Alfiani, Nur (2020) Implementasi integrasi pembelajaran bahasa inggris dengan kompetensi inti 1 ( kompetensi spiritual ) di SMP Sains Cahaya Al-qur’an Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pembelajaran Bahasa Inggris dengan “kompetensi inti 1” (kompetensi spiritual) di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian difokuskan pada: (1) Alasan memilih konsep integrasi pada kompetensi spiritual dalam pembelajaran Bahasa Inggris, (2) Cara mengintegrasikan pembelajaran Bahasa Inggris dengan kompetensi spiritual, (3) hasil dan kendala yang dihadapi dalam penerapan pengintegrasian Pembelajaran Bahasa Inggris terintegratif dengan kompetensi inti 1 (kompetensi spiritual). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang berusaha untuk mengungkap fakta dan fenomena secara detail dan menyeluruh. Dalam penelitian ini peneliti berfungsi sebagai instrumen utama dalam pengambilan data. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi langsung, dokumentasi dan rekaman video. Keabsahan data didapat dengan triangulasi, observasi yang berkesinambungan dan mengecek kembali data yang ada. Peneliti menggunakan metode analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman untuk menganalisis data yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tujuan integrasi ilmu yaitu untuk mewujudkan tujuan pendidikan Islam salah (2) integrasi kompetensi spiritual dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan cara: mencantumkan ayat al-Qur’an dan atau Hadist dalam RPP, menyiapkan bahan ajar yang mengandung nilai-nilai spiritual, memberikan evaluasi pembelajaran yang merefleksikan kompetensi spiritual, (3) Hasil dari penerapan konsep tersebut berupa motivasi spiritual dalam diri peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris, adapun kendalanya berupa minimnya sarana dan tenaga dalam pembiasaan berkomunikasi Bahasa Inggris sehingga berakibat pada masih lemahnya kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kompetensi Inti 1 (Kompetensi Spiritual)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item