Model inkaber sebagai inovasi pembelajaran untuk membina keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa MI Islamiyah Reban Kabupaten Batang

Alfajriya, Anita (2021) Model inkaber sebagai inovasi pembelajaran untuk membina keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa MI Islamiyah Reban Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Inovasi pembelajaran sangat penting untuk diimplementasikan bagi para pendidik dengan menggunakan metode atau strategi yang tepat agar ending dari proses belajar mengajar dapat tercapai. Maka penting sekali seorang pendidik menggunakan metode pembelajaran yang dipakai dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga dengan metode tersebut dapat menghasilkan peningkatan motivasi belajar pada siswa Oleh karena itu, kajian penulis dalam penelitian ini adalah model inkaber sebagai inovasi pembelajaran untuk membina keterampilan membaca dan menulis permulaan yang dilaksanakan di MI Islamiyah Reban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis siswa melalui model inkaber di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Reban, bagaimana perencanaan model inkaber dalam membina keterampilan membaca dan menulis permulaan, pelaksanaan model inkaber dalam membina keterampilan membaca dan menulis permulaan serta kelebihan dan kekurangan penggunaan model inkaber dalam pembelajaran.di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Reban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan ilmu pendidikan yang bersifat kualitatif dan pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan penjelasan terhadap data yang dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model inkaber sebagai inovasi pembelajaran untuk membina keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa MI Islamiyah Reban yang pelaksanaannya melalui penyajian gambar-gambar yang familiar dengan menemukan kosa kata yang sesuai gambar dan menuliskannya kemudian membuat kalimat sederhana ini mampu memberikan pengaruh yang baik dalam keterampilan membaca dan menulis siswa. Hal ini ditunjukkan dalam keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran serta antusias dalam belajar membaca dan menulis. Siswa pun lebih tertarik dalam proses pembelajaran dikelas karena belajar melalui gambar yang familiar bagi mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Inkaber, Inovasi Pembelajaran, Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item