Peran kreativitas guru pendidikan agama islam dan minat belajar peserta didik dalam mewujudkan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Bojong

Fatimah, Rina (2021) Peran kreativitas guru pendidikan agama islam dan minat belajar peserta didik dalam mewujudkan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Bojong. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar Belakang dari penulisan tesis ini adalah berdasarkan fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan yakni dengan adanya kencondongan peserta didik terhadap prestasi dibidang olah raga namun di bidang Pendidikan Agama Islam ini tidak tinggi, sehingga perlu adanya dongkrakan dari guru mata pelajaran pendidikan agama islam untuk mendorong prestasi belajar mereka dibidang pendidikan agama islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Peran Kreativitas Guru PAI dalam mewujudkan prestasi siswa SMA Negeri 1 Bojong? 2. Bagaimana Minat belajar Siswa dalam mewujudkan prestasi belajar SMA Negeri 1 Bojong? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1. Untuk memberikan tentang informasi Kreativitas Guru berperan terhadap prestasi siswa SMA Negeri 1 Bojong, 2. Untuk memberikan tentang informasi Minat belajarsSiswa berperan terhadappprestasii.belajar SMA Negeri 1 Bojong. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan melalui pendekatan kualitatif, yang memiliki karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung dan bersifat deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dan menggunakan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis model miles and huberman. Analisis model miles and huberman, adalah analisis data kualitatif yang digunakan secara intensif dan berlangsung secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu, data reduction, data display, conclusion drawing verivication. analisis ditunjukkan untuk memperoleh data mengenai peran kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dan minat belajar siswa dalam mewujudkan prestasi siswa di SMA Negeri 1 Bojong. Hasil penelitian ini adalah melalui tujuan dan materinya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dibidang pendidikan agama islam, dalam bidang perencanaan dengan menyusun program melalui kurikulum dan pengintegrasian RPP. Kemudian dalam pelaksanaan melalui kegiatan keagamaan seperti sholat berjama’ah, ziarah, pembacaan yasin tahlil dan asmaul husna. Dalam segi evaluasi perlu adanya dukungan dari semua pihak. Dari hasil penelitian tersebut diperolehnya prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kreativitas Guru, Minat Belajar, Peran, dan Prestasi Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item