Nilai-nilai pendidikan multikultural pada bahan ajar al qur’an hadis berbasis tafsir al-ibrīz Untuk Madrasah Aliyah dan relevansinya dengan masyarakat Indonesia era reformasi

Havidzi, Irham (2021) Nilai-nilai pendidikan multikultural pada bahan ajar al qur’an hadis berbasis tafsir al-ibrīz Untuk Madrasah Aliyah dan relevansinya dengan masyarakat Indonesia era reformasi. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan multikultural sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki keunikan budaya dan masyarakat majemuk. Banyaknya perbedaan tersebut dapat menstimulasi terhadap munculnya potensi-potensi konflik. Maka untuk mencegahnya perlu penanaman nilai-nilai Pendidikan multikultural melalui Pendidikan, antara lain dengan memberikan muatan nilai tersebut pada mata pelajaran al Qur’an hadis. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural pada bahan ajar al Qur’an Hadits tingkat Madrasah Aliyah sesuai KMA 183 tahun 2019.? Bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang pendidikan multikultural menurut Tafsir al-Ibrīz.? Apa relevansi nilai-nilai pendidikan multikultural dengan masyarakat Indonesia era reformasi?. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan, menganalisis tentang muatan nilai-nilai pendidikan multikultural pada bahan ajar al Qur’an hadis. Mendeskripsikan dan menganalisis penafsiran ayat tentang nilai-nilai pendidikan multikultural pada kitab al-Ibrīz dan mendeskripsikan dan menganalisis relevansi nilai-nilai tersebut mulai era reformasi hingga saat ini. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber datanya adalah dokumen. Pengumpulan data melalui tiga tahap; tahap orientasi, reduksi dan seleksi. Analisis data dengan tiga prosedur yakni; reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan Dari penelitian ini diperoleh suatu data deskriptif yang menggambarkan adanya muatan nilai pendidikan multikultural pada bahan ajar al Qur’an hadis. Data diperoleh melalui analisis dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini adalah; Pertama, Nilai-nilai pendidikan multikultural tercermin pada bahan ajar al Qur’an hadis, yaitu nilai-nilai; a) Kesamaan penciptaan manusia, b) xiii Persaudaraan, c) Toleransi, d) Tolong-menolong, e) Musyawarah, f) Keadilan. Kedua, ayat nilai-nilai multikultural dalam tafsir al-Ibrīz,terdapat pada; a). Qs. al-Baqarah [2]:30, b). Qs. al-Hujurāt[49]:10-12, c). Qs. al-Kāfirūn [106]:1-6 dan Qs. al-Hujurāt [49]:13, d). QS. al Hujurāt [2]:17), e). Qs. Ali ‘Imrān [3]:159, f). Qs. al-Mā‘idah [5]:8) dan (Qs. an-Nahl [16]:90. Ketiga, relevansi nilai pendidikan multikultural dengan era reformasi adalah terciptanya masyarakat madani. Nilai-nilai ini sangat relevan untuk ditanamkan kepada peserta didik sebagai upaya menghadapi tantangan era reformasi hingga saat ini. Muatan nilai-nilai multikultural pada bahan ajar sesuai dengan muatan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMakrum, MakrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar al Qur’an Hadis, Nilai Pendidikan Multikultural, Tafsir Al Ibrīz.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item