Ulfa, Fitriana (2021) Implementasi pendidikan entrepreneurship dalam membinalife skill santri di Pondok Pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (7MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap implementasi pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan. Di pesantren ini pendidikan entrepreneurship diberikan dengan tujuan agar santri yang menjadi alumni siap untuk bersaing dan mampu menghadapi persaingan di dunia ekonomi Nusantara. Berhubungan dengan pernyataan tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis rencana pendidikan entrepreneurship dalam membina life skill santri di Pondok Pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan; (2) Menganalisis pelaksanaan pendidikan entrepreneurship dalam membina life skill santri di Pondok Pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan; dan (3) Menganalisis evaluasi pendidikan entrepreneurship dalam membina life skill santri di Pondok Pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi di Pondok Pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada beberapa pihak terkait, yaitu pengasuh pondok pesantren, pimpinan pondok pesantren, koordinator unit usaha pesantren, dan pengelola unit usaha. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, perencanaan pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan dilakukan dalam dua bentuk, yakni perencanaan berbasis praktek dan perencanaan melalui hidden kurikulum. Kedua, pada pelaksanaannya, pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan menerapkan sistem pendidikan “learning by doing” (belajar sambil bekerja) bagi para santrinya, dengan melibatkan dan mempercayakan mereka dalam mengelola unit-unit usaha pesantren. Ketiga, evaluasi pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Walindo Manba’ul Falah Kabupaten Pekalongan terdiri dari evaluasi input, proses dan output (produk).
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Entrepreneurship, Life Skill, Pondok Pesantren | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:14 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2755 |
Actions (login required)
View Item |