Implementasi metode hypnoteaching pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan

Maskon, Maskon (2021) Implementasi metode hypnoteaching pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini salah satu hal yang menarik berdasarkan pengamatan sementara di lapangan SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan, penulis menemukan adanya proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak menggunakan metode hypnoteaching. Mereka menyadari bahwa mendidik anak pada usia remaja menjelang dewasa sangatlah menantang. Ini disebabkan karena pada usia tersebut anak sudah mulai muncul perubahan perubahan berkaitan dengan fisiologi dan psikologinya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penyusunan Tesis ini adalah: 1. Bagaimana Implementasi metode hypnoteaching pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan?, 2. Bagaimana dampak dari penerapan metode hypnoteaching terhadap pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. menganalisis Implementasi Metode Hypnoteaching Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Smk Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan ; 2. Untuk menganalisis dampak dari penerapan metode hypnoteaching terhadap pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah Karanganyar Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk mengungkapkan nilai psikis dari obyek penelitian terutama tentang motivasi maupun kesulitan yang dirasakan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Pendekatan teologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menilai dari segi pemahaman keagamaan, perilaku dan perbuatan peserta didik berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data yang mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data. Dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode hypnoteaching membawa dampak yang positif bagi siswa baik dari sisi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penggunaan hypnoteaching membuat guru lebih mudah dalam mengelola pembelajaran dengan pola komunikasi yang baik. Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah yang digunakan dalam hypnoteaching diantaranya adalah adanya motivasi diri, pacing, leading, sugesti, dan memberikan pujian.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskon, MaskonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMaskon, MaskonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Hypnoteaching, Aqidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item