Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI di MTs. Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang

Wafa, Ainul (2021) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI di MTs. Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepala madrasah merupakan pimpinan puncak di lembaga pendidikan yang dikelolanya, karena seluruh pelaksanaan program pendidikan di setiap madrasah terlaksana atau tidak, tercapai atau tidak tujuan pendidikan, itu sangat tergantung kepada kecakapan dan keberanian kepala madrasah selaku pemimpin. Kepala madrasah sebagai pemimpin pembelajaran sekaligus sumber daya manusia sepatutnya mampu menciptakan iklim organisasi yang baik supaya semua komponen madrasah dapat memerankan diri secara bersama untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi yang diharapkan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana gaya kepemimpinan yang digunakan kepala MTs. Al-Mu’awanah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI? Bagaimana upaya yang dikembangkan oleh kepemimpinan kepala MTs. Al Mu’awanah berkaitan dengan pembentukan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Bagaiamana dampak dari upaya yang dikembangkan oleh kepemimpinan kepala madrasah terhadap pembentukan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Agama Islam di MTs. Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang. Dengan tujuan penelitian; (1) Untuk menganalisis gaya kepemimpinan Kepala MTs. Al-Mu’awanah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI, (2) Untuk menganalisis upaya apa yang dilakukan oleh Kepala MTs. Al-Mu’awanah dalam membentuk kompetensi pedagogik Guru PAI, dan (3) Untuk menganalisis dampak upaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap pembentukan kompetensi pedagogik guru mapel PAI di MTs. Al Mu’awanah Petarukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecakan keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Gaya kepemimpinan kepala MTs. Al Mu’awanah Petarukan dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI yang diterapkan adalah lebih berorientasi pada pola kepemimpinan kontingensi/situasional (2) Upaya kepala MTs. Al-Mu’awanah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru PAI adalah dengan menggunakan: a) Kemampuan mengelola kelas, b) Kemampuan dalam sistem pengajaran, dan c) Kemampuan dalam penataan iklim kelas. (3) Dampak upaya kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk kompetensi pedagogik guru mapel PAI di MTs. Al-Mu’awanah Petarukan adalah imbas dari ketiga upaya tersebut antara lain kompetensi guru menjadi lebih baik, lebih proaktif, guru lebih disipli, administrative, etos kerja meningkat, lebih taat akan peraturan, efektif mempersiapkan perangkat, prestasi siswa meningkat, dan guru lebih semangat up date bagaimana strateginya dalam belajar berbasis IT.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 07:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item