Mufida, Mariya (2022) Penanaman pendidikan kewirausahaan melalui mata pelajaran PAI di SMP N 6 Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penanaman nilai-nilai kewirausahaan menjadi salah satu cara dalam menghindarkan anak dari perilaku konsumtif. Dalam penanamannya harus dilakukan melalui kegiatan dan proses pembelajaran yang menyenangkan, aman, nyaman dan tetap berdasarkan kepada prinsip pembelajaran. Selanjutnya penanaman nilai-nilai kewirausahaan ini dapat dilakukan dengan pendidikan kewirausahaan. Namun, proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan kepada generasi muda tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, sehingga pendidikan kewirausahaan sangat penting diintegrasikan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana penanaman pendidikan kewirausahaan pada mata pelajaran PAI? Bagaimana dampak dari pelaksanaan penanaman pendidikan kewirausahaan terhadap siswa melalui mata pelajaran PAI? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis pelaksanaan penanaman pendidikan kewirausahaan pada mata pelajaran PAI, dan Menganalisis dampak dari pelaksanaan penanaman pendidikan kewirausahaan terhadap siswa melalui mata pelajaran PAI. Kegunaan penelitian ini adalah : Menambah khasanah keilmuan Islam, Sumber referensi dan saran pemikiran bagi kalangan akademisdalam menunjang penelitian selanjutnya yang akan berguna sebagai bahan perbandingan bagi penulis lain, dan mengembangkan pendidikan kewirausahaan pada siswa SMP N 6 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitihan lapangan. Pengumpulan data melalui : wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan diantaranya, pendidikan kewirausahaan bisa diintegrasikan pada semua mata pelajaran, penanaman pendidikan kewirausahaan dilakukan dengan menyisipkan atau meletakkan nilai-nilai karakter kewirausahaan pada mata pelajaran PAI, Penanaman pendidikan kewirausahaan di SMP N 6 Pekalongan menghasilkan nilai-nilai seperti kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, nilai keagamaan, berani menanggung resiku, mental pantang menyerah. Dampak dari pelaksanaan penanaman pendidikan kewirausahaan pada siswa diantaranya adalah membentuk karakter siswa yang mandiri, kreatif dan inovatif
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Agama Islam, | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:05 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2766 |
Actions (login required)
View Item |