Dampak peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan

Aisyah, Dewi (2021) Dampak peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah peran guru dan orang tua sangat penting untuk pembentukan karakter anak. Salah satu karakter yang diharapkan dalam pembentukkan karakter adalah karakter religius. Karakter religius ini sangat dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral, dalam hal ini siswa diharapkan mampu memiliki dan berperilaku dengan ukuran baik dan buruk yang didasarkan pada ketentuan dan ketetapan agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran yang dilakukan oleh guru untuk membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan? bagaimana peran yang dilakukan oleh orang tua untuk membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan? Apa dampak dari peran yang dilakukan oleh guru dan orang tua terhadap pembentukan karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran yang dilakukan oleh guru untuk membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan, menganalisis peran yang dilakukan oleh orang tua untuk membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan dan menganalisis dampak peran yang dilakukan oleh guru dan orang tua terhadap pembentukan karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa SD Plus Al Burhan untuk mengambil data tentang peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter religius, dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen dan arsip sekolah untuk mengambil data tentang kurikulum sekolah, program sekolah dan karakter religius siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik pengambilan data untuk mendapatkan data yang valid. Hasil dari penelitian ini adalah peran yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan adalah peran sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola kelas, sebagai demonstrator, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Adapun peran yang dilakukan oleh orang tua dalam membentuk karakter religius siswa SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan adalah peran sebagai pendidik, sebagai pemberi teladan, sebagai pemimpin keluarga dan sebagai penanggung jawab. Peran guru dan orang tua tersebut mempunyai dampak yang penting bagi pembentukan karakter religius siswa SD Plus Al Burhan, bagi orang tua dan bagi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak, Peran Guru, Peran Orang Tua, Karakter Religius, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item