Peran kepala madrasah dalam mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan

Saifudin, Muhammad (2021) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah permasalahan di dalam pendidikan pada abad milenial ini memanglah sangat komplek dan heterogen, ditambah lagi dengan berbagai macam lembaga pendidikan yang sering kurang memerhatikan atau bahkan mengesampingkan faktor nilai serta agama dalam proses pendidikan yang dilaksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan? Apa nilai karakter yang dikembangkan dalam Pendidikan karakter berbasis pesantren Proto 01 Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan. Untuk menganalisis nilai karakter yang dikembangkan dalam Pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan. Untuk menganalisis peran kepala madrasah dalam mengembangkan Pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik pengambilan data untuk mendapatkan data yang valid. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pendidikan karakter berbasis pesantren di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan sudah baik. (2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MISS Proto 01 kedungwuni pekalongan ada 11 nilai karakter yaitu: a) Religius, b) Mandiri, c) Jujur, d) Toleransi, e) Semangat Kebangsaan, f) Cinta tanah air, g) Cinta damai, h) Gemar membaca, i) Peduli lingkungan, j) Peduli social, k) Tanggung jawab. (3) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan Pendidikan karakter berbasis pesantren MISS Proto 01 Kedungwuni meliputi, kepala sekolah sebagai edukator, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor, sebagai leader, sebagai innovator, sebagai motivator. Kepala madrasah telah melaksanakan perannya dengan baik dan membuat program-program madrasah yang dapat menciptakan dan mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Pendidikan Karakter, Madrasah Berbasis Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item